Ubuntu 9.04 Siap Bersaing dengan Windows dan Mac OS X

Penguasa Ubuntu, Mark Shuttleworth, telah mengumumkan Senin (08/09) lalu bahwa nama kode untuk Ubuntu 9.04, diharapkan dapat hadir di bulan April 2009 mendatang, dan diberi nama kode Jaunty Jackalope. Ubuntu merilis produknya setiap enam bulan sekali, dan sudah termasuk versi terbaru dari aplikasi software open source miliknya. Shuttleworth percaya bahwa Ubuntu telah siap untuk bertanding dengan Windows dan Mac OS X dan pihaknya mengharapkan dapat melihat distro open source Linux dalam jutaan alat di tahun-tahun mendatang.

Komunitas pengembang Ubuntu telah membuat Ubuntu versi 8.10, yang diberi nama kode Intrepid Ibex, yang menurut rencana akan resmi diluncurkan pada bulan depan. Peluncuran Ibex sekaligus juga akan menjadi perkenalan GNOME 2.24 dan stuff baru lainnya. Shuttleworth mengamati adanya versi 8.10 tersebut akan masuk support untuk subnotebook.

Dengan dirilisnya Ubuntu versi 8.10 di bulan Oktober, maka pengembang dapat mulai merencanakan Jaunty Jackalope. Blueprint rencana tersebut sudah dibuat dan akan dikeluarkan dalam Ubuntu Developer Summit, yang bertempat di Google Mountain View, setelah acara FOSSCamp selesai di bulan Desember. Event tersebut akan menyatukan pengembang Canonical dan kontributor komunitas Ubuntu.

Menurut Shuttleworth, Ubuntu 9.04 dapat menambah waktu booting dan performance, dan akan mempererat integrasi web ke desktop. Shuttleworth menambahkan, terdapat tujuan yang spesifik yang dibutuhkan dari Jaunty, seperti waktu booting yang berjalan secepat mungkin, dan mengabungkan layanan web dan aplikasi desktop. Ubuntu telah menerima popularitas dalam ekosistem Linu. Sedangkan Canonical berharap dapat mengadopsi Ubuntu ke notebook. Sedangkan Dell telah mengaplikasikan Ubuntu ke netbook mini 9, dan kami berharap Ubuntu dapat diaplikasikan ke subnetbook segera. (h_n)

3 Tanggapan

  1. Ubuntu Netbox Remix hrsnya ngembangin sayap ke notebook jg.😉

  2. ubunutu mantep bener…

  3. kendala yang dirasakan oleh saia sebagai user ubuntu adalah “lambat”.
    Karena mungkin saat ini ubuntu mencoba menandingi fitur grafis dari mac maupun windows. Sehingga harus rela mengorbankan satu sisi ini.
    semoga nantinya di 9.04 masalah ini bisa diatasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: