Installasi MySQL – Connector/J

Pendahuluan

Akhirnya setelah saya kebingungan membaca manual instalasi MySQL-Connector/J saya menemukan satu buku yang menunjukkan bagaimana instalasi Connector/J dilakukan, buku tersebut berjudul “MySQL and Java Developer’s Guide“. Ternyata setelah saya mencobanya ternyata berhasil dan berakhirlah rasa penasaran saya. Pada tulisan ini saya akan tunjukkan bagaimana instalasi Connector/J (pada tulisan ini saya menggunakan MySQL-Connector/J 5.1) pada Windows platform.

Mendapatkan MySQL-Connector/J

Bila Anda belum mendapatkan MySQL-Connector/J, Anda dapat men-downlolad pada link-link dibawah ini:

  1. http://repo1.maven.org/maven2/mysql/mysql-connector-java/5.1.6/
  2. http://download.aquafold.com/download/jdbc-drivers/MySQL/
  3. http://download.csdn.net/source/412363
  4. http://www.spyfu.com/Term.aspx?t=470654
  5. http://dev.mysql.com/downloads/connector/j/5.1.html

Instalasi Connector/J

Bila Anda sudah mendapatkan MySQL-Connector/J, ekstrak terlebih dahulu. Lalu Anda cari file JAR yang bernama mysql-connector-java-5.1.6-bin, file tersebut yang akan kita copy-kan.

Ternyata tidak terlalu sulit untuk melakukan instalasi Connector/J, kita hanya meng-copy file JAR yang bernama mysql-connector-java-5.1.6-bin. Anda buka terlebih dahulu Windows Explorer, lalu cari direktori Java Anda berada (pada komputer saya direktori tersebut berada pada C:\Program Files\Java\), setelah itu ikuti langkah-langkah berikut:

  • Setelah Anda mendapatkan direktori Java, lalu Anda masuk ke direktori Java Runtime Envrionment Anda (pada komputer saya direktori tersebut berada pada C:\Program Files\Java\jre6)
  • Lalu Anda masuk ke direktori lib
  • Lalu setelah berada di direktori lib, masuk lagi ke direktori ext. Di direktori ini Anda copy kan file JAR tadi yang bernama mysql-connector-java-5.1.6-bin.

Bila sudah nanti library tersebut akan tersedia untuk aplikasi yang akan mengeksekusinya dalam Java Virtual Machine.

Menguji Instalasi MySQL-Connector/J

Lalu Anda buat file java dengan nama Test, lalu tulis kode berikut ini:


// NamaProgram: Test.java
// Deskripsi: Menguji koneksi MySQL-Connector/J
public class Test
{
 public static void main(String args[])
 {
  try
  {
   Class.forName(”com.mysql.jdbc.Driver”).newInstance();
   System.out.println(”Berhasil”);
  }
  catch(Exception E)
  {
   System.out.println(”JDBC driver error”);
  }
 }	// end of method main
}	// end of class Test

Lalu Anda compile file java tadi (saya anggap Anda sudah mengerti cara meng-compile-nya) dan jalankan. Bila berhasil maka program tadi yang sudah dibuat akan menampilkan pesan “Berhasil”, itu berati MySQL-Connector Anda sudah terpasang dengan benar.

Penutup

Begitulah instalasi MySQL-Connector dilakukan, bila Anda masih bingung dengan langkah-langkahnya, Anda dapat bertanya pada saya untuk penjelasan lebih lanjut.

Sumber

Matthews, M., Cole J., Gradecki J.D., “MySQL and Java Developer’s Guide“, Wiley Publishing, 2003.

8 Tanggapan

  1. Q kok masih belum ngeti-ngrti bozzzzzz…..
    klo dibahas dikelas aja gimana????

  2. mas Sayfod,..kalo emang belum ngerti juga..key dach..lain kali kalo ketemu lagi tak jelasin di sono aja, thank atas perhatiannya

  3. Saya mau tanya, apa java connector yang anda jelaskan tadi hanya untuk Win ? bagaimana kalau saya menggunakan Linux, apakah sama ?

  4. aq mw penjelasan lbh jelas mas?????????????????

  5. Terima kasih banyak atas penjelasannya. Saya pake Ubuntu. Tapi bermanfaat. Informasi : kalo di ubuntu dicopy nye ka /usr/lib/jvm/default-java/jre/lib/ext

  6. dear Mas…
    mas saya sudah coba cara diatas tapi koq belum bisa ya?
    saya sudah melakukan pengkopian file jar ke direktori java/jre/lib/ext nya ,
    dan waktu saya running testnya masi belum bisa itu mas, bagaimana ya…

Tinggalkan Balasan

