Hacker, membuat dunia maya lebih berwarna

Terminologi hacker sering menimbulkan ketakutan, tapi juga rasa ingin tahu, bahkan obsesi bagi generasi muda untuk menunjukkan eksistensi diri. Jadi apa atau siapa sih hacker itu sebenarnya?

Hacker adalah seseorang memiliki pengetahuan mendalam terhadap cara kerja internal suatu sistem komputer atau jaringan computer (RFC 1392). Masih ada kontraversi seputar arti dari hacker, apakah hacker itu indentik dengan tindakan kriminal atau justru bagian penting dari pengamanan komputer.

Aktifitas hacker dalam konotasi negatif yang tercatat adalah ketika sekelompok orang merusak sistem telepon di amerika pada tahun 1963, kemudian kasus lain yang cukup populer ketika pada tahun 1999 David Smith meluncurkan virus Melissa dan menular pada sekitar 1,2 juta komputer dan mengakibatkan kerugian sekitar 80 juta US dolar.

David Smith ditangkap dan didakwa atas tuduhan criminal computer hacking dan divonis 40 tahun penjara. Namun ia dibebaskan setelah 20 bulan setelah menyetujui untuk memberikan bantuan pada dinas rahasia Amerika FBI dalam pengawasan aktifitas bawah tanah di dunia maya.

Jadi apakah seorang hacker atau cracker itu selalu berkonotasi negatif? Diluar pengertian hacker sebagai seorang yang berprofesi di dunia kemanan sistem komputer, barangkali harus diakui bahwa hacker adalah seseorang yang memiliki kecenderungan melanggar otoritas sistem, menyembunyikan identitas, menyerahkan tanggung jawab pada pengguna dan merugikan pihak tertentu (biasanya pengembang software atau Admin sebuah system jaringan). Akan tetapi juga merupakan sebuah realitas bahwa para hacker tersebut telah memberikan banyak solusi serta memberi kontribusi yang berarti pada optimalisasi teknologi bagi kehidupan. Jadi sebuah dilema apakah para aktifitas hacker itu menganggu keseimbangan atau justru menimbulkan keseimbangan baru.

Saat ini telah banyak karya-karya para hacker yang dinikmati pemakai komputer seperti bocoran serial number perangkat-perangkat lunak proprietary. Tools-tools pengambil kontent internet seperti lagu, video dll, bahkan tips-trik dan file terkompilasi untuk melakukan perubahan konfigurasi sistem guna mengembangkan, menambah fitur atau kemampuan sebuah perangkat lunak.

Sumber : www.Adhiwirawan.Wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: